Gelar Apel:

Adil Berpijak Kebenaran - Februari 3, 2024
Gelar Apel:
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Kesiapan Operasional dalam Rangka Pemilu 2024: Polres Madiun Gelar Apel Pengecekan Anggota Pam TPS

Madiun – Polres Madiun menggelar apel pengecekan anggota pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Umum 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang dipimpin oleh Kapolres Madiun, AKBP Muhammad Ridwan. Apel berlangsung di Lapangan Tri Brata Polres Madiun, Sabtu (3/2).

Dalam sambutannya, Kapolres Madiun, AKBP Muhammad Ridwan, menegaskan pentingnya peran anggota pengamanan TPS dalam menjaga kelancaran dan keamanan proses demokrasi.

“Kegiatan ini merupakan langkah konkret kami untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar. Saya mengajak seluruh anggota pengamanan TPS untuk bekerja keras dan profesional dalam melaksanakan tugas,” ujar Kapolres.

Ia juga mengingatkan terkait tata cara dan teknik saat melaksanakan pengamanan TPS. “Cara Bertindak personel Pengamanan TPS sudah dijelaskan agar personel melaksanakan sesuai dengan CB dalam pengamanan TPS mulai dari TPS Tidak Rawan, Rawan dan Sangat Rawan yang ada di wilayah Kab. Madiun,” jelasnya.

Ops Mantap Brata 2023-2024 sendiri merupakan operasi kepolisian yang dilaksanakan secara menyeluruh untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang, selama, dan setelah pelaksanaan Pemilu 2024. Dalam operasi ini, Polres Madiun akan melakukan berbagai kegiatan, termasuk pengecekan anggota pengamanan TPS, peningkatan patroli, dan peningkatan kewaspadaan di titik-titik strategis.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan anggota pengamanan TPS untuk tetap mengedepankan netralitas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. “Jaga netralitas Polri, senantiasa laksanakan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas setempat dalam pelaksanaan pengamanan TPS,” tambahnya.

Apel pengecekan ini dihadiri oleh seluruh anggota pengamanan TPS sejumlah 373 personel yang akan bertugas pada Pemilu 2024, serta dihadiri oleh pejabat utama dan Kapolsek jajaran Polres Madiun. Setelah apel, dilakukan dilakukan pengecekan sikap tampang dan perlengkapan anggota.

Baca Juga  Desa Plosolor, Melaksanakan Pembangunan TPT

“Kami lakukan pengecekan terhadap sikap tampang anggota serta perlengkapan yang wajib dibawa saat pelaksanaan TPS, diantaranya seperti buku saku Pam TPS, ban lengan petugas pam TPS, tongkat T, borgol, senter, jas hujan, dan perlengkapan pribadi anggota, hal ini bertujuan untuk memastikan anggota sesalu siap saat pengamanan di lokasi TPS masing-masing, ” jelasnya.

Dengan adanya apel pengecekan ini, diharapkan Polres Madiun dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024. Operasi Mantap Brata 2023-2024 menjadi bukti komitmen Polres Madiun dalam menjaga keamanan dan ketertiban demi terwujudnya proses demokrasi yang transparan dan berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Close Ads X