Gerakan PKK Punya Peran Penting Dalam Membangun Masyarakat Desa

Adil Berpijak Kebenaran - Mei 30, 2024
Gerakan PKK Punya Peran Penting Dalam Membangun  Masyarakat Desa
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Ngawi (Analisisjatim.com) -Tim Penggerak Pemperdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Banjaransari, Kecamatan Padas, mengadakan rkapat pleno. rapat pleno PKK (Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ) yang dihadiri ketua PKK Retno bersama ketua posyandu bersama kader-kadernya.
Pelaksanaanya di balai desa Banjaransari.
( 27-05-2024)

“Penggerak Pemperdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 5/2007 adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh, dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dankeadilan gender, serta kesadaran hukum dan llingkunga” , Jelas, Kepala Desa Banjaransari yang ditemui media Analisisjatim.com .

Sementara
itu dalam sambutannya Ketua PKK posisinya sangat penting. “Bahwa Tim Penggerak PKK adalah lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja Pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak pada masing-masing jenjang pemerintahan untuk terlaksananya program PKK”, terang, Retno Ketua PKK Kabupaten Ngawi.

Di tingkat pemerintah desa dibentuklah tim penggerak PKK desa sebagai salah satu lembaga kemasyarakatan desa dengan tugas membantu pemerintah desa dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Tugas pokok tim penggerak PKK,
dan fungsi tim penggerak PKK desa, tim penggerak PKK Desa mempunyai fungsi sebagai:
penyuluh, motivator, dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program-program PKK; dan, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, pembina, dan pembimbing Gerakan PKK.
Sasaran gerakan PKK adalah keluarga, baik di perdesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam bidang,mental spiritual meliputi sikap dan perilaku sebagai Insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Fisik material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

Baca Juga  Analisisjatim :

10 Program Pokok PKK diantaranya ; Penghayatan dan pengamalan Pancasila,Gotong royong, Pangan,Sandang, Perumahan dan tata laksana rumah tangga, Pendidikan dan keterampilan,Kesejahteraan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, Kelestarian lingkungan hidup, dan Perencanaan sehat.

Dengan di adakannya rapat pleno satu bulan sekali kader-kader PKK maupun kader-kader Posyandu bisa memahami apa arti dari pokok PKK, dan juga bisa mensejahterakan keluarga dan juga bisa memajukan desa . (Dwi Harsono/Heritno)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X