Nyadran Desa :

Adil Berpijak Kebenaran - Mei 30, 2024
Nyadran Desa :
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Sedekah Bumi Desa Tungkulrejo

Ngawi-(Analisisjatim.com) Sedekah Bumi Desa Tungkulrejo, Kecamatan Padas, menuju masyarakat Gemah Ripah Loh Jinawi merupakan sebuah perayaan budaya yang syarat dengan makna dan kearifan lokalnya.
Acara yang di adakan dalam satu tahun sekali ini sebagai bentuk ungkapan rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah duberikan kepada warga Desa Tungkulrejo selama satu tahun terakir.
Ditengah gempuran dijaman era digitalisasi ini, tradisi sedekah bumi yang merupakan salah satu kearifan lokal serta adat istiadat yang masih bertahan di Kabupatin Ngawi, khususnya di Kecamatan Padas. “Saat tradisi sedekah bumi ini berlangsung, tampak para warga Desa secara beriringan membawa nampan yang sudah terisi makanan dan jajanan untuk dibawa ke Balai Desa” Jel, Sriyono Kepala Desa Tungkulrejo.
“tradisi ini dilakukan sebagai syujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen dan hasil bumi ini juga diharapkan bisa memupuk kerukunan bagi seluruh masyarakat, sehingga masyarakat Desa Tungkulrejo menjadi guyup rukun, gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo yang artinya ( kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan tetram ),”tambahnya.
(25-05-2024)
Sementara itu di tempat yang sama Camat Padas mengaku bangga dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Tungkulrejo.
“Budaya sedekah bumi merupakan shodakoh atau wujud syukur terhadat Bumi Pertiwi yang di tempat agar tetap dilindungi oleh Allah SWT,Melestarikan budaya dan tradisi yang sudah ada dari jaman nenek moyang kita dulu,”tuturnya.

Kegiatan sedekah bumi juga di hadiri,jajaran Forkopimcam Kecamatan Padas serta masyarakat Desa Tungkulrejo, dan dilanjut dengan hiburan tayub atau bambyong.
(harsono)

Baca Juga  KPU Ngawi Selenggarakan Silaturohmi

Tinggalkan Komentar

Close Ads X