Desa Banyuurip : Telah laksanakan Seleksi Perangkat, Dengan Aman dan Tertib

Adil Berpijak Kebenaran - Juni 11, 2024
Desa Banyuurip :   Telah laksanakan Seleksi Perangkat,  Dengan Aman dan Tertib
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Ngawi- (Analisisjatim.com)
Untuk mengisi kekosongan Sekretaris desa, Kaur Tata Usaha , Kaur Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan, desa Banyuurip, Kecamatan Ngawi, mengadakan ujian seleksi di SMK Grisa Ngawi.
(08-06-2024)

“Pelaksanaan ujian ini diawali dengan pembentukan panitia yang di resmikan dengan Surat Keputusan Kepala Desa setempat” terang, Ketua Panitia tes perangkat Banyuurip, Dwipo Cahyono.

Tentang Pembentukan Panitia pengisian lowongan Perangkat desa (Sekdes, Kaur Tu & Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan ) Desa Banyuurip, Kecamatan Ngawi telah dibentuk panitia kemudian dilaksanakan ujian.

Berdasarkan keterangan dari Ketua Panitia, Dwipo Cahyuno setelah menyusun panitia langkah awal yang dilakukan yaitu menyusun tata tertib, jadwal dan anggaran, kemudian tahap selanjutnya yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan cara sosialisasi dalam setiap kegiatan desa, memasang spanduk di setiap pendukuhan serta melalui website desa juga media sosial desa.

“Dan data yang dihimpun oleh tim, jumlah peserta ada 50 dan semua lolos seleksi adminitrasi. Peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi Sekdes, Kaur Tu & Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan terdiri dari berbagai macam latar belakang pendidikan, diantaranya SMA dan S1,”imbuh, Dwi Cahyono, ketua Panitia.
Menurut penuturan Ketua Panitia, Dwipo Cahyono Pelaksanaan ujian seleksi yang diselenggarakan yaitu tes tulis dan tes praktek Computer, sama seperti ujian seleksi yang disenggarakan sebelumnya, dalam pelaksanaan seleksi kali ini kembali melibatkan pihak Pusat Studi Kebijakan Publik, dan Pemperdayaan Masyarakat dengan persetujuan Kepala Desa Banyuurip.

Seleksi hanya dilaksakan 1 hari, dan hasil seleksi nantinya akan dinilai langsung dan akan diumumkan, ada empat kekosongan Perangkat Desa Banyuurip, Kecamatan Ngawi.
dalam ujian seleksi Sekdes, dengan peserta 12 orang, 5 putra daerah, Kaur Tu & Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan dengan peserta 38, dengan jumlah peserta semua 45 untuk mengikuti ujian seleksi, yang 5 peserta ijin tidak mengikuti atau mengundurkan diri karena sakit dan lain-lain.

Baca Juga  Desa Budug : Lestarikan Budaya

Pelaksanakan ujian seleksi tersebut, juga melibatkan Muspika, Bimas, dan Bhabinkamtibmas dari Kecamatan Ngawi. Dalam pelaksanaan ujian juga didampingi para saksi-saksi dari peserta masing-masing dan juga pengawasan ketat dari petugas Kecamatan Ngawi, dengan harapan agar ujian ini berjalan lancar dan tertib, transparan, juga tidak ada unsur KKN.

Dalam pengadaan seleksi Perangkat, panitia menggunakan aturan sesuai Perda Nomor 3 tahun 2015 tentang Perangkat Desa.

“Sekarang keadaan sudah mulai di rasakan Mas manfaatnya, seperti tidak adanya gesekan dimasyarakat antara calon terpilih dan yang tidak terpilih, tingkat partisipasi masyarakat untuk menjadi Perangkat Desa semakin tinggi, serta kualitas pendidikan perangkat Desa semakin meningkat dibanding dengan peraturan yang lama, jadi situasi ujian kondusip,”ujar ,salah – satu warga Desa Banyuurip kepada Media Analisisjatim.

Pekaksanaan ujian seleksi Sekdes, Kaur Tu & Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan Desa Banyuurip dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai

Para peserta yang berhasil lulus untuk jabatan
1.Sekdes diraih oleh: Diki Pradana (Banyuurip)
2.Kaur Tu & Umum: Ucik Diana (Banyuurip)
3.Kaur Kesejahteraan: Krisma P (Kerek)
4.Kasi Pemerintahan: Mediana Muflihah (Kartoharjo)
Pelaksanakaan seleksi Sekdes, Kaur Tu & Umum, Kaur Kesejahteraan, dan Kasi Pemerintahan di Desa Banyuurip berjalan dengan aman, lancar, dan tertib.
(Harsono Dwi)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X