Analisisjatim :

Adil Berpijak Kebenaran - Oktober 23, 2023
Analisisjatim  :
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Hari Santri :

Semangat Resolusi Jihad Membangun Bangsa

Ngawi- Hal sangat tepat tanggal 22 Oktober diperingati dan ditandai sebagai “Hari Santri Nasional “, sebab bukan tanpa alasan hari santri itu ada. Yang melatarbelakangi adalah “Resolusi Jihad” untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, saat bangsa Indonesia baru merdeka ditahun 1945 masih diganggu lagi oleh penjajah kembali pada saat itu.

Ketika itu para kaum santri, pondokkan, ulama berkumpul menegaskan dengan seruan KH. Hasyim Asy’ari (Pahlawan Republik Indonesia, sekaligus pendiri Organisasi NU) untuk “Resolusi Jihad ” dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
“Dengan semangat ” Resolusi Jihad ” Kita ambil peran mempertahankan negara dan kemerdekaan, dan dalam mengisi kemerdekaan untuk membangun negeri dengan spirit resolusi jihad untuk masa depan bangsa “, terang, Bupati Ngawi, Ony Harsono, ST, dalam sambutan upacara hari santri. 22’Ok’23

Peringatan “Hari santri Nasional” tahun 2023 dengan tema ” Jihad Santri Jayakan Negeri “, sangat tepat untuk kaum generasi muda terutama siswa siswi yang hadir dalam peringatan hari santri tersebut.
Salah satu siswa dari pondok pesantren Grudo, Ngawi yang mengaku bernama bakri mengungkapkan sebagai siswa merasa bersyukur dan bangga dengan hari santri.
” Saya, dari pondok pesantren Grudo, Ngawi, kelas tiga, tentunya hari ini bahagia dan bersyukur bisa ikut upacara hari santri”, Ujarnya.

Hari santri sebagai refleksi diri tentang agama dan Nasionalisme, serta spirit santri dalam aktualisasi. (Rif)

Baca Juga  Gelar Operasi Gratis

Tinggalkan Komentar

Close Ads X