Desa Munggut, Kecamatan Padas : DD Untuk Pembangunan TPT

Adil Berpijak Kebenaran - Mei 15, 2024
Desa Munggut, Kecamatan Padas :  DD Untuk Pembangunan TPT
 - (Adil Berpijak Kebenaran)
Editor

Ngawi – (Analisisjatim.com) Pemerintah desa Munggut, Kecamatan Padas merealisasikan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (T.A) 2024 untuk Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) tepatnya di jalan poros dusun Klampisan – Sidorejo Desa Munggut.

Pembangunan Talud Penahan Tanah ini melibatkan warga Desa Munggut setempat dalam pelaksanaannya , yang ditangani oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Bidang Pembangunan Desa sebagai ketua Narno. (07-05-2024)

“Pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) dengan Volume= 201,34 M3 P.483 meter (kanan) – P. 483 meter (kiri) dengan keterangan jumlah biaya Rp.270,748,000,- dari sumber Dana Desa (DD) tahun 2024, dengan waktu pelaksanaan 90 hari”, terang,Narno Ketua TPK.
Untuk mewujudkan program ini TPK menggandeng para pemangku kepentingan yang ada diwilayah tersebut dan tokoh masyarakat, unsur Pemerintah maupun masyarakat setempat, dan hal ini memastikan pekerjaan berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan skala prioritas.

Kepala Desa Munggut, Edi Santoso memantau langsung pekerjaan pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) di jalan antar Poros Klampisan- Sidorejo.
” Pembangunan TPT ini harus terlaksana tepat waktu dengan baik, dan kita juga harus tetap memperhatikan kualitas dan volumenya harus sesuai dengan rabnya” ,Tegas, Edi Santoso, Kepala desa Munggut.
“Kita mengintruksikan kepada pelaksana dilapangan untuk mengecek kembali hasil pekerjaan TPT yang masih dalam taraf pengerjaan, terutama untuk pengukuran area yang dibangun, pemasangan susunan batu harus sesuai RAB petunjuk yang ada,jangan ada susunan batu yang tidak padat,” Tambahnya.

Kegiatan pembangunan Talud Penahan Tanah (TPT) ini dapat melancarkan akses jalan yang digunakan warga, pembangunan TPT juga berfungsi menjadi penguat saluran air di area jalan poros dusun Klampisan-Didorejo, Desa Munggut , maupun jalan menuju persawahan, dan juga untuk melancarkan saluran air persawahan juga berfungsi untuk menahan erosi air. Pembangunan TPT tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Munggut. Talut Penahan Tanah (TPT) yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu pada umumnya dipasang pada daerah yang labil, dengan kata lain untuk melindungi tebing dan reruntuhan tanah.

Baca Juga  Pesta Demokrasi :

PDengan adanya pembangunan TPT ini selain dapat melancarkan akses aktifitas perekonomian warga, dan pmerupakan satu-satunya jalan penghubung dari dusun ke dusun. Program yang dijalankan merupakan kebutuhan bersama sehingga dapat memberi manfaat secara maksimal.
(Harsono dwi/ Herit)

Tinggalkan Komentar

Close Ads X